Search

Kominfo Pastikan Isu 'Jalan di DKI Disemprot Disinfektan yang Bikin Alergi' Hoax - detikNews

Jakarta -

Beredar informasi berantai yang melarang masyarakat keluar dari rumah karena sejumlah jalan di Jakarta akan disemprot disinfektan pencegah Corona yang bisa membuat kulit alergi. Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan itu kabar bohong alias hoax.

"Itu hoax, itu tidak betul. Kominfo tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. Jangan diklik link itu. Karena, kalau diklik, terkesan situs Kominfo lemot. Tapi kalau langsung ke portal Kominfo, tidak," ujar Plt Kabiro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/3/2020).

Pesan berantai tersebut mengatasnamakan Kementerian Kominfo. Pria yang akrab disapa Nando ini mengatakan pihak Kominfo sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk menelusuri siapa penyebar atau pembuat hoax tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan Polri untuk mencari tahu siapa penyebar pertamanya. Kami langsung koordinasi dengan cyber crime-nya Polri," ujarnya.

Kominfo dan Polri akan terus memburu penyebar pesan hoax di tengah pandemi Corona saat ini. Kominfo sudah mengidentifikasi ratusan hoax terkait COVID-19 ini.

"Sampai hari ini hoax COVID itu sudah mencapai 262 hoax," ujarnya.

Untuk diketahui, hari ini beredar info yang tersebar di media sosial dan pesan berantai menyebutkan seluruh warga DKI Jakarta dilarang ke luar rumah pada hari ini mulai pukul 14.30 hingga 22.00 WIB.

Warga disebut dilarang ke luar rumah menggunakan roda dua atau berjalan kaki karena akan ada pencegahan Corona dengan menyemprotkan disinfektan dosis tingkat 1 yang menyebabkan alergi pada kulit dan gangguan pernapasan. Pesan itu juga merinci jalan-jalan di Jakarta yang dilarang dilalui.

Dalam pesan berantai itu juga ditautkan situs Kominfo yang membuat seolah-olah info tersebut berasal dari Kominfo.

Netizen Cemas Corona, #Indonesia_LockdownPlease Menggema:

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/fjp)

Let's block ads! (Why?)



Hiburan - Selebritas - Google Berita
March 19, 2020 at 03:24PM
https://ift.tt/2x59Rii

Kominfo Pastikan Isu 'Jalan di DKI Disemprot Disinfektan yang Bikin Alergi' Hoax - detikNews
Hiburan - Selebritas - Google Berita
https://ift.tt/2ovZz6Q
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kominfo Pastikan Isu 'Jalan di DKI Disemprot Disinfektan yang Bikin Alergi' Hoax - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.