Search

Krisis Kerajaan Inggris dalam Seabad: Abdikasi Raja-Mundurnya Pangeran Harry - detikNews

London - Keluarga Kerajaan Inggris kembali menjadi sorotan usai mundurnya Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle dari anggota senior keluarga kerajaan. Keputusan mereka menjadi krisis lain yang terjadi pada the royal family setidaknya dalam seabad ini.

Dilansir dari AFP, Jumat (10/1/2020), Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari tugas-tugas garis depan mereka sebagai keluarga kerajaan. Berikut beberapa krisis yang terjadi pada keluarga kerajaan Inggris setidaknya dalam satu abad terakhir:

Cinta di atas negara

Abdikasi atau pelepasan kewenangan alias pengunduran diri raja Edward VIII terjadi usai 326 hari menjadi penguasa Inggris. Abdikasi ini menjadi 'skandal' terbesar dalam sejarah kerajaan modern dan menyebabkan sensasi di seluruh dunia.

Raja singkat Inggris ini memprovokasi krisis konstitusional ketika dia mengundurkan diri untuk menikahi sosialita AS yang sudah dua kali bercerai, Wallis Simpson.

Pernikahan itu dianggap mustahil ketika Edward adalah raja dan kepala Gereja Inggris, yang pada saat itu menolak untuk menikah lagi dengan orang yang bercerai ketika mantan pasangan mereka masih hidup. Edward adalah raja pertama dalam sejarah 1.000 tahun Kerajaan Inggris yang menyerahkan tahtanya atas kehendaknya sendiri.

Saudaranya King George VI menggantikannya di atas takhta dan Edward -yang menikahi Simpson pada tahun 1937- kemudian dikucilkan oleh anggota keluarga Windsor lainnya hingga akhir 1960-an. Dia meninggal pada tahun 1972.

Patah hati Margaret

Adik Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, juga sempat memicu badai dengan pilihannya untuk menikah. Pada tahun 1952, Putri Margaret menjalin hubungan dengan seorang lelaki berusia 22 tahun yang bercerai, yakni mantan perwira Angkatan Udara Kerajaan Peter Townsend.

Keinginan pasangan itu untuk menikah memicu pertikaian antara pemerintah dan publik yang terlihat bersimpati pada hubungan mereka. Hal itu membuat Sang Ratu terperangkap di tengah polemik.

Margaret akhirnya dibujuk untuk meninggalkan hubungan itu, di bawah ancaman kehilangan kedudukannya sebagai keluarga kerajaan. Dia lalu menikahi fotografer Antony Armstrong-Jones pada tahun 1960. Mereka bercerai pada tahun 1978.

Tonton juga Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur dari Keluarga Kerajaan :

Let's block ads! (Why?)



Hiburan - Selebritas - Google Berita
January 10, 2020 at 09:19AM
https://ift.tt/2T9yLGA

Krisis Kerajaan Inggris dalam Seabad: Abdikasi Raja-Mundurnya Pangeran Harry - detikNews
Hiburan - Selebritas - Google Berita
https://ift.tt/2ovZz6Q
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Krisis Kerajaan Inggris dalam Seabad: Abdikasi Raja-Mundurnya Pangeran Harry - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.